Apr 17, 2011

resume part "kelompok 4" : struktur pasar

wowww..woowww.. this time i will explain a little bit about market in indonesian mean "pasar"..
well time to indonesian,hehe..
pasar,,hal pertama yang ada di bayangan saya pasti aja selalu tentang sebuah pasar sumpek yang banyak orang dagang dan berlalu lalang yang pasti bau,but fun lha.hehhehe..
but its just a litlle joke dude..well this the truth..






     Pasar adalah suatu tempat dimana penjual dan pembeli saling berinteraksi dan melakukan perdagangan.
Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri. 





menurut  analisa ekonomi jenis pasar dibedakan menjadi 2 ,yaitu:


o>pasar persaingan sempurna
        pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran dimana jumlah pembeli dan penjual sedemikian banyak atau tidak terbatas.


o> pasar persaingan tidak sempurna.
        pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar atau industri yang terdiri dari produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau mampu mengendalikan harga output dipasar. contohnya :


-pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana hanya ada satu penjual/ produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen. contoh: PT pos dan giro, PT PLN dll
- pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, dimana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar. contonya : perusahaan semen dan air mineral.
- pasar duopoli adalah suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan. contohnya : pertamina dan caltex.
- pasar monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama.
- pasar monopsoni.

No comments:

Post a Comment