Mar 16, 2011

Perilaku Konsumen

well,well,well..berbicara mengenai konsumen yah berbicara tentang kebutuhan sedangkan berbicara tentang kebutuhan pasti ada kaitannya dengan keinginan..entah kenapa klo gw denger tentang kata "perilaku konsumen" selalu aja kebayang ama sifat konsumtifnya warga indonesia , hayooo donk indonesia jangan terus begini,ayok terus maju and terus gali potensi..
   nah itu lha pendahuluan asli gw skrg mari kita masuk ke sesi makalah yang udah di bikin sama kelompok ane : "lets check it out"



KELOMPOK 2  :         1.     ADITEO GUMILANG (15109802)

                                      2.      ATIKA ZULFAH (11109941)
                                      3.      BONAYADIKA (15109869)
                                         4.  JOHAN WIJAYA (14109079)
         5.   RONALDO MARTHINO GINTING (12109848)
         6.   SINTA N ELIA (11109053)
         7.   WISNU TRIYANTO SATEJA (13109603) (gw nih)

PERILAKU KONSUMEN

Konsumen adalah mereka yang memilki pendapatan (uang) dan menjadi pembeli barang dan jasa di pasar. Seseorang konsumen yang rasional pada waktu akan memutuskan pembelian suatu barang tidak didasari oleh emosi belaka namun terutama didasari pada suatu pertimbangan bahwa apa yang akan dibelinya memang memberikan tingkat kepuasan terbesar jika dibandingkan dengan barang lainnya.
Terdapat beberapa pengertian mengenai Perilaku Konsumen yaitu sebagai berikut :
David L. Loudon & Albert J. Della BittaMullen dan Johnson (1990)
  
sebagai proses pengambilan keputusan  dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam  proses mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan  barang-barang dan jasa
James F. Engel, Et.al. (1968)
Tindakan-tindakan individu yang secara langsung terlibat  dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomis termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut.
Gerald Zaltman  Melanie Wallendorf (1979)
Tindakan-tindakan, proses, dan hubungan sosial yang dilakukan individu, kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan, menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai suatu akibat dari pengalamannya dengan produk, pelayanan, dan sumber-sumber lainnya.


Loudon dan Albert (1993)
Perilaku konsumen adalah proses keputusan dan aktivitas fisik individu yang terlibat dalam mengevaluasi, mendapatkan, menggunakan, atau memberikan barang dan jasa yang

Jadi, bisa kita artikan secara keseluruhan bahwa perilaku konsumen Tindakan-tindakan, proses, dan hubungan sosial yang dilakukan individu, kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan, menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai suatu akibat dari pengalamannya dengan produk, pelayanan, dan sumber-sumber lainnya.

Terdapat 2 teori pendekatan  untuk mempelajari perilaku konsumen
dalam mengkonsumsi suatu barang:
1. Pendekatan Kardinal
2. Pendekatan Ordinal
TEORI KARDINAL
Teori ini menyatakan bahwa kepuasan yang diperoleh konsumen dalam mengkonsumsi suatu barang dapat dihitung atau dikuantitatifkan baik dalam satuan uang ataupun satuan lain. Satuan yang dipergunakan dalam pendekatan ini adalah Util. Sedangkan nilai kegunaan yang diperoleh dari mengkonsumsi disebut Total Utility (TU). Dan tambahan kegunaan atau tambahan kepuasan yang kita peroleh dalam mengkonsumsi barang tersebut disebut Marginal Utility (MU). Dalam konsep marginal utility berlaku hukum “The Law Of Deminishing Maginal Utility” yaitu kepuasan tambahan yang semakin lama semakin menurun.
Pendekatan guna cardinal menggunakan asumsi bahwa guna atau kepuasaan seseorang tidak hanya dapat diperbandingkan, akan tetapi juga dapat diukur. Oleh karena menurut kenyataan kepuasan seseorang tidak dapat diukur maka asumsi tersebut dengan sendirinya dapat dikatakan tidak realistic. Inilah yang biasanya ditonjolkan sebagai kelemahan daripada teori konsumen yang menggunakan pendekatan guna cardinal, yang terkenal pula dengan sebutan teori konsumen degan pendekatan guna marginal klasik atau classicalmarginal utility approach.

Disamping memiliki kelemahan teori ini juga memiliki kelebihan yang menonjol yaitu lebih mudahnya is konsepsi guna cardinal untuk diselami, khususnya bagi mereka yang baru pertama kali karena mudah dimengerti.
Berikut ini asumsi-asumsi dasar yang khas untuk teori konsumen yang menggunakan pendekatan guna cardinal :
1. asumsi bahwa guna barang-barang atau jasa-jasa konsumsi dapat diukur.
2. asumsi guna batas uang yang konstan dan guna batas barang-barang konsumsi yang menurun.
3. asumsi bahwa anggaran pengeluaran rumah tangga konsumen sama sebesar pendekatan yang diterimanya, dan
4. asumsi guna total yang mempunyai sifat additive.

TEORI ORDINAL
Menurut teori ordinal kepuasan seseorang konsumen tidak dapat dihitung atau dikuantitatifkan tetapi hanya dapat dibandingkan yaitu dengan memberikan rengking atau membuat urutan-urutan kombinasi barang yang akan dikonsumsi. Pendekatan ordinal dilakukan menggunakan analisis kurva indifferensi pertama kali ditemukan oleh ekonom asal inggris F.Y.EDGEWORTH tahun 1881. Kemudian dikembangkan oleh VILREDO PARETO dari Italia dan dipopulerkan keseluruh dunia tahun 1930-an oleh R.G.D ALLEN dan J.R.HIKS asal Inggris.
Pendekatan Indifference Cuve (Ordinal) yang beranggapan bahwa kepuasan konsumen tidak dapat diukur dengan satu satuan. Tingkat kepuasan knsumen hanya dapat dinyatakan lebih tinggi atau lebih rendah. Dalam pendekatan Marginal Utility digunakan anggapan sebagai berikut :
1. Utility bisa diukur dengan uang.
2. Hukum Gossen (The Law Of Diminishing Returns) berlaku yang menyatakan bahwa “Semakin banyak sesuatu barang dikonsumsi, maka tambahan yang dikonsumsikan akan menurun”.
3. Konsumen berusaha memaksimumkan kepuasan.

KEBUTUHAN DAN PERILAKU



Perilaku konsumen didasari oleh Motif, Motivasi dan kebutuhan konsumen.
Abraham Sperling mendefinisikan motif sebagai suatu kecenderungan untuk beraktivitas, dimulai dari dorongan dalam diri (drive) dan diakhiri dengan penyesuaian diri.
Fillmore H. Stanford  mendefinisikan Motivasi sebagai suatu kondisi yang menggerakkan manusia ke arah suatu tujuan tertentu
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen:
     Budaya :
  • Kekuatan Sosial Buday 
  • ·     Kekuatan Faktor Psikologis
  • ·         Faktor Sikap Dan Keyakinan
  • ·         Konsep Diri 

Kebutuhan menurut David McClelland
Tiga macam kebutuhan manusia :
1.      Need for achievement
2.      Need for affiliation
3.      Need of power


Need for achievement


Kebutuhan akan penghargaan disebut juga dengan citra diri, dasar yang digunakan adalah bahwa
apa yang dimiliki seseorang memberi kontribusi pada dan mencerminkan identitas
mereka, artinya: “kami adalah apa yang menjadi milik kami”.

Status / Penghargaan yang diberikan oleh masyarakat
Ada 3 faktor :
Faktor - FaktorPribadi
a. Umur dan Tahap daur Hidup

b. Pekerjaan

c. Situasi Ekonomi

d. Gaya Hidup


Pola kehidupan seseorang yang diwujudkan dalam aktivitas,
interest dan opininya. Gaya hidup akan mencakup sesuatu yang lebih dari sekedar
kelas sosial atau keperibadian seseorang dan gaya hidup akan menampilkan
pola beraksi dan berinteraksi seseorang secara keseluruhan di dunia.
e. Kepribadian dan Konsep diri
Kepribadian: karakteristik psikologi unik dari seseorang yang menyebabkan
respons yang relatif konsisten dan bertahan lama terhadap lingkungan dirinya
sendiri.

FaktorFaktor Psikologi
a. Motivasi
Motivasi adalah suatu kebutuhan yang cukup untuk mendorong seseorang untuk
Bertindak
b. Persepsi
Proses yang dilalui orang dalam memilih, mengorganisasikan dan mengintepretasikan
informasi guna membentuk gambaran yang berarti mengenal dunia,bentuknya:
·         Perhatian selektif:
Kecenderungan bagi manusia untuk menyaring sebagian
besar informasi yang dihadapi
·         Distorsi selektif:
Menguraikan kecenderungan orang untuk mengintepretasikan
informasi dengan cara yang akan mendukung
apa yang telah diyakini
·         Ingatan selektif:
Kecenderungan dalam mempertahankan informasi
yang mendukung pendirian dan kepercayaan orang
c. Pengetahuan
Perubahan dalam perilaku individual yang muncul dari pengalaman
d. Keyakinan dan sikap
Keyakinan: pemikiran deskriptif yang dimiliki seseorang mengenai sesuatu

Need of affliation


FaktorFaktor
Sosial
a. Kelompok Acuan
Dua orang/lebih yang berinteraksi untuk mencapai sasaran individu atau bersama,
kelompok ini berfungsi sebagai titik perbandingan atau acuan langsung atau
tidak langsung yang membentuk sikap/perilaku seseorang


b. Pemuka Pendapat:
Orang dalam kelompok acuan yang, karena keterampilan,
kepribadian, atau karakteristik lain yang spesial
memberi pengaruh kepada orang lain
c. Keluarga
Organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat dan telah
diteliti secara mendalam
d. Peran dan Status
Terdiri dari aktivitas yang diharapkan dilakukan sesorang menurut
Orang orang yang ada di sekitarnya

Need for power


Bisa kita lihat kebutuhan ini pada peran konsumen dalam membeli
1. Pemrakarsa: orang yang pertama menyarankan/mencetuskan gagasan membeli produk
tertentu
2. Pemberi Pengaruh: Orang yang pandangan/sarannya mempengaruhi keputusan
membeli
3. Pengambil Keputusan: Orang yang akhirnya membuat keputusan membeli
4. Pembeli: orang yang benar-benar melakukan pembelian

kebutuhan akan kekuasaan didasari oleh Jenis Perilaku Keputusan Pembelian, yakni:
·         Keterlibatan Tinggi
·         Keterlibatan Rendah
·         Perbedaan besar antara merek
·         Tingkah laku membeli yang kompleks
·         Tingkah laku membeli yang mencari variasi
·         Perbedaan kecil antara merek
·         Tingkah laku membeli yang mengurangi ketidakcocokan
·         Tingkah laku membei yang menjadi kebiasaan


source :
Mumuh Mulyana Mubarak, SE, Consumer Behavior :
Bab IV Teori Perilaku Konsumen, Pengantar Ekonomi
Bab IX Teori Konsumen Pendekatan Guna Kardinal
Bab 2 Perilaku Konsumen\
http://www.anneahira.com/kasus-perilaku-konsumen.htm
http://elibrary.mb.ipb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=mbipb-12312421421421412-henrysumur-545

29 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. What a fantabulous post this has been. Never seen this kind of useful post. I am grateful to you and expect more number of posts like these. Thank you very much. 안전놀이터

    ReplyDelete
  3. After study many of the blog articles in your web site now, and i truly such as your technique for blogging. I bookmarked it to my bookmark internet site list and are checking back soon. Pls look into my site also and inform me how you feel. Khairat kematian

    ReplyDelete
  4. Good write-up, I am regular visitor of one’s blog, maintain up the nice operate, and It’s going to be a regular visitor for a long time. Nürnberg Airbnb

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. I genuinely enjoy looking at on this website , it has wonderful content . เว็บแทงบอลออนไลน์

    ReplyDelete
  7. Merely wanna state that this is very helpful , Thanks for taking your time to write this. เว็บบาคาร่า

    ReplyDelete
  8. The vacation special deals offered are believed as a selection of possibly the most preferred and therefore within your budget all over the globe. Quite a number of hostels can be proudly located inside property which is accented who has striking seashores encouraging crystal-clear rivers, contingency of an Ocean. hotels compare rates แทงบอลออนไลน์

    ReplyDelete
  9. I really like forgathering utile info, this post has got me even more info! . pragmatic play

    ReplyDelete
  10. While you’re any of the lucky enough choices, it comes evidently, while capture the fancy of the particular coveted by ly folks other useful you you meet may possibly well have hard times this particular problem. pre owned awnings 해외 사이트

    ReplyDelete
  11. Woh I like your content , saved to bookmarks ! . pg slot wallet

    ReplyDelete
  12. I saw something about that subject on TV last night. Great post. situs judi qq

    ReplyDelete
  13. This has to be one of my favorite posts! And on top of thats its also very helpful topic for newbies. thank a lot for the info! Where to buy steroids online

    ReplyDelete
  14. It is best to participate in a contest for among the best blogs on the web. I will suggest this web site! UFA

    ReplyDelete
  15. Heya i’m for the first time here. I found this board and I to find It truly helpful & it helped me out a lot. I hope to provide something back and aid others such as you helped me. joker123

    ReplyDelete
  16. Hello I found the Free Simple Shopping Icons Download | Design, Tech and Internet post very interesting therefore I’ve included our track-back for it on my own webpage, continue the great job:) บาคาร่าออนไลน์

    ReplyDelete
  17. I’m truly enjoying the design and layout of your site. It’s a very easy on the eyes which makes it much more pleasant for me to come here and visit more often. Did you hire out a developer to create your theme? Fantastic work! Pg slot ทดลองเล่น

    ReplyDelete
  18. Hello There. I found your blog the usage of msn. This is a very neatly written article. I will make sure to bookmark it and come back to read more of your helpful information. Thank you for the post. I will certainly return. jokerslot

    ReplyDelete
  19. Good day very cool web site!! Man .. Excellent .. Superb .. I’ll bookmark your web site and take the feeds additionally…I am glad to find a lot of useful information right here in the put up, we want develop more strategies in this regard, thanks for sharing. . . . . . รวมsuperslot

    ReplyDelete
  20. I just like the helpful info you provide for your articles. I will bookmark your blog and check again here frequently. I¡¯m somewhat sure I¡¯ll learn lots of new stuff right right here! Good luck for the following! slotxo ทดลองเล่น

    ReplyDelete
  21. Just proves the old adage. Its an ill wind that blows no good. You fail to overlook the crucial stage. pg slot ทดลองเล่น

    ReplyDelete
  22. Hello, you used to write fantastic, but the last few posts have been kinda boring… I miss your tremendous writings. Past few posts are just a bit out of track! come on! Buku Mimpi 2D

    ReplyDelete
  23. I am usually to running a blog and i actually recognize your content. The article has really peaks my interest. I am going to bookmark your website and keep checking for new information. เว็บพนัน

    ReplyDelete
  24. Hey, found your web site by accident performing a search on Google but I’ll definitely be coming back. Man consists of two parts, his mind and his body, only the body has more fun. 먹튀검증사이트

    ReplyDelete
  25. You ought to experience a contest for just one of the most effective blogs on the internet. I’ll suggest this blog! แทงบาขั้นต่ำ20

    ReplyDelete
  26. I’m surely use willing to you might need. This can be a sort of owners manual which needs to be taking into account but not the entire unintended false information this is along the a number of blog pages. Treasure all of your placing this kind of really file. เว็บแทงบอลขั้นต่ำ10บาท

    ReplyDelete
  27. Thanks , I’카지노사이트
    ve recently been searching for information about this subject for ages and yours is the greatest I’ve came upon so far. That's a good post.. good post! I'm actually getting ready to access this information. Very helpful. It's also a great blog with all the valuable information you have. Keep up the good work you are doing here. This is my site, so please visit and leave your comments.

    ReplyDelete
  28. แจกสูตรเล่นคาสิโนออนไลน์ แล้วก็บาคาร่าฟรี 2022
    บาคาร่า เกมคาสิโนออนไลน์ต่อให้เป็นเกมที่มีต้นแบบการเล่นง่าย แม้กระนั้นก็ยังคงจะต้องอาศัยวิธี หรือสูตรเข้ามาช่วย เพื่อเพิ่มช่องทางสำหรับการพนันชนะมากยิ่งกว่าเดิม แล้วก็แนวทางเอาชนะต่างๆนี้มีมากมายร้อยแนวทางที่จะเอาชนะ แล้วก็เดี๋ยวนี้เว็บไซต์ได้นำเกมคาสิโนออนไลน์เยอะมากมาเอาไว้ภายในระบบ บาคาร่า
    สามารถเลือกเล่นเลือกได้จากที่ปรารถนา แม้กระนั้นก็จะต้องใช้กรรมวิธีเอาชนะ ซึ่งพวกเราได้เก็บรวบรวมสูตรสำหรับในการเอาชนะเกมคาสิโนออนไลน์มาฝากกัน ซึ่งจะก่อให้คุณนั้นได้รับเงินจากการพนันอย่างง่ายๆแน่ๆ โดยเหตุนี้แล้วพวกเราไปทำความรู้จักกับ บาคาร่า สูตรการเอาชนะคาสิโนออนไลน์ 2022 กันเลยดีกว่า

    ReplyDelete
  29. It’s difficult to find knowledgeable individuals about this topic, and you could be seen as do you know what you are talking about! Thanks เว็บ คาสิโน เปิดใหม่

    ReplyDelete