May 21, 2013

pengertian Hooligan


Etimologi

Ada beberapa teori mengenai asal hooliganisme kata. The Oxford Compact Inggris Kamus menyatakan bahwa kata mungkin berasal dari nama keluarga dari sebuah keluarga Irlandia fiksi gaduh dalam sebuah lagu ruang musik 1890-an]. Rook Clarence, pada tahun 1899 bukunya, Malam Hooligan, menyatakan bahwa kata datang dari Patrick Hoolihan (atau Hooligan), sebuah bouncer Irlandia dan pencuri yang tinggal di London.
[Sunting] Awal penggunaan istilah

Para hooligan istilah telah digunakan setidaknya sejak pertengahan 1890-an-ketika digunakan untuk menggambarkan nama geng jalanan di London-kira-kira pada waktu yang sama dengan jalan Manchester geng, yang dikenal sebagai "Scuttlers" telah mendapatkan ketenaran. Penggunaan pertama istilah ini tidak dikenal, tapi kata yang pertama muncul di cetak di London polisi-pengadilan laporan pada tahun 1894 mengacu pada nama sebuah geng pemuda di daerah Lambeth London-Boys Hooligan, dan kemudian- Boys O'Hooligan Pada Agustus 1898 sebuah pembunuhan di Lambeth yang dilakukan oleh anggota geng menarik perhatian lebih lanjut untuk kata yang segera dipopulerkan oleh pers. yang berbasis di London Daily Graphic menulis dalam Artikel pada tanggal 22 Agustus 1898, "The longsoran kebrutalan yang, dengan nama 'Hooliganisme' ... telah melemparkan suatu hinaan yang mengerikan pada catatan sosial dari London Selatan".

Arthur Conan Doyle menulis dalam novel 1904, The Adventure of Six Napoleon, "Ini tampaknya menjadi salah satu dari tindakan-tindakan tidak masuk akal dari Hooliganisme yang terjadi dari waktu ke waktu, dan telah dilaporkan kepada polisi pada ketukan seperti itu". HG Wells menulis pada tahun 1909 novelnya semi-otobiografi Tono-Bungay, "Tiga orang muda energik dari jenis hooligan, di leher-membungkus dan topi, yang pengepakan kasus kayu dengan papered-up botol, di tengah jerami banyak dan kebingungan".

Kemudian, sebagai arti kata bergeser sedikit, tidak ada alternatif yang mungkin memiliki nada yang sama persis dari seseorang, biasanya muda, yang adalah anggota kelompok informal dan melakukan tindakan perusakan atau kerusakan kriminal, mulai perkelahian, dan yang menyebabkan gangguan tetapi tidak seorang pencuri. Di Uni Soviet kata khuligan digunakan untuk merujuk kepada pelanggar hukum atau pembangkang politik, "hooliganisme" tercatat sebagai tindak pidana dan digunakan sebagai biaya-menangkap semua untuk menuntut perilaku yang tidak disetujui. Matthias Rust dihukum karena hooliganisme, antara lain, untuk 1987 pendaratan pesawat Cessna di Lapangan Merah.
[Sunting] Kekerasan dalam olahraga

Para hooliganisme kata dan hooligan mulai dikaitkan dengan kekerasan dalam olahraga, khususnya dari tahun 1980 di Inggris dengan hooliganisme sepakbola. Fenomena ini, bagaimanapun, panjang mendahului istilah modern, misalnya, salah satu contoh paling awal kekerasan kerumunan di sebuah acara olahraga berlangsung di Konstantinopel kuno. Dua faksi balap kereta, The Blues dan Partai Hijau, terlibat dalam kerusuhan yang berlangsung Nika sekitar seminggu di 532 CE;. Hampir setengah kota itu dibakar atau hancur di samping puluhan ribu kematian

 Hooliganisme di film

    Insiden ini (1967)
    A Clockwork Orange (1971)
    Kantor (1988)
    I.D. (1995)
    The Football Factory (2004)
    Green Street (2005)
    Munculnya Footsoldier (2007)
    Cass (2008)
    Green Street 2: Berdiri Tanah Anda (2009)
    Awaydays (2009)
    Kantor (2009)

No comments:

Post a Comment