May 11, 2011

journey to the hell gate

hoalah... judulnya serem amat yah...hehehhe...
but seriusnya sih memang perjalanan yang saya lalui tepatnya tanggal 14/04/11 memang bisa diibaratkan seperti itu..
pada saat itu saya hendak berangkat dari depok menuju tangerang dengan menggunakan jasa kereta,karena bisa dibilang saya masih awam mengenai jalan-jalan di kota jakarta ini jadi saya hanya mengerti tentang jalur kereta (yaiyalha daripada ntar gw nyasar trus gw diculik kan repot..heheh)..

tepat pukul 11.00 saya berangkat dari stasiun pondok cina dengan tujuan jakarta kota..

nah setelah sampai jakarta kota saya bertanya-tanya kepada orang lain bila ingin ke tangerang naik kereta apa..

nah disini lha mulai dari awal ke 'bete'an atau kesusahan yang saya alami,ternyata agak sulit yah mencari orang yang ramah bila ditanyai ,di jakarta pusat ini..hampir 3 orang saya tanyai dan entah kenapa saya tidak menyukai eksperesi wajah mereka saat saya tanyai,seolah-olah melihat saya seperti sesuatu yang mengganggu dan sesuatu yang rendah (emang baju yang gw pake waktu itu sih baju stelan gembel, kaos g jelas+clna pendek+sendal jepit..hehe)

yahh tapi dari sini saya baru menyadari bahwa kebanyakan masyrakat 'borju' disana selalu memandang status sosial (beuuhhh lain kali gw pake dasi sama jass deh klo ksna..hahhaha)..
setelah saya mengumpulkan informasi yang saya dapat dari bertanya barulah saya membeli tiket untuk berangkat ke tangerang,tapi disini lagi mulai lha sesuatu yang menyebalkan terjadi...
aaaarrrrrrrrrgghhhh..tidakkkkkk...ternyata kereta berangkat pukul 15.00 dan skrg waktu menunjukan pukul 01.20..yahh saya mau tidak mau menunggu beberapa jam..
entah kenapa menurut perasaan saya kehidupan di kota itu terlalu rumit dan terlalu padat,selama saya menunggu kereta banyak sekali masyarakat yang seakan-akan selalu diburu oleh waktu mereka (yahhh namanya juga pendapat..hehhe..)
nah akhirnya setelah jam 15.00 akhirnya kereta pun berangkat, tetapi baru saja hanya beberapa ratus meter kereta yang saya tumpangi mendadak mogok (huaaarrrrrrrrrrrrrrggggggggghhh...)
aaahhh, saya memanggap hari ini hari yang sangat sial sekali..
sambil menunggu kereta diperbaiki saya mencoba melihat sekitar dan ternyata disini lha alasan dari judul tulisan saya ini, saya melihat pemandangan yang menyedihkan sekali,saya melihat banyaknya sampah yang menumpuk hingga di samping rel kereta yang saya naiki ini banyaka genangan-genangan airr berwarna hitam legam.
lalu aliran sungai yang seperti tak bergerak dan berwarna hitam pekat

ditambah lagi yang membuat saya tercengang banyak sekali masyarakat yang hidup disekitar sungai tersebut,mereka adalah potret kehidupan masyarakat indonesia yang hidup dalam kemiskinan.tetapi bocah-bocah kecil warga tersebut bisa hidup dengan senyum dan tegar dalam menjalani hidup,mereka saling bercanda gurau dengan teman-temannya

dan setelah beberapa menit akhirnya kereta pun bisa berjalan kembali,dan saya melanjutkan perjalanan saya ini..

ternyata dibalik perjalanan saya yang mem'bete'kan itu tersimpan banyak hikmah..saya terbukakan matanya akan potret kehidupan dijakarta dan saya menjadi lebih mensyukuri atas segala yang diberikan oleh Allah SWT,karena jujur saja masih banyak masyarakat yang lebih kurang beruntung nasibnya dibandingkan dengan kita..

yuupppsss begitulah akhir tulisan ini..

P.S : buat para kaum borjuis dan para wakil rakyat,lihatlah sekitar kalian..jangan terlalu memikirkan diri sendiri,cobalah untuk berbagi dengan yang kurang mampu..dan masyarakat indonesia mulailah peduli akan kebersihan lingkungan kalian agar anak-cucu kita tiba terkena imbasnya disaat kelak nantinya..